MAKNA ISLAM 11 : Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar


Muslim melalui upaya sungguh-sungguh dalam kehidupan, dilakukan melalui dakwah ialah mengajak, mendidik, mengarahkan kepada kebaikan (amru bil ma'ruf), yaitu terwujudlah kebaikan seorang muslim dalam kata-katanya yang nampak dalam komunikasinya kepada semua lapisan, mudah atau tua, bicaranya tegas, terang mudah dipahami bagi yang mendengarkan.

Mencegah kemungkaran (nahyu 'anil munkar), apakah ucapan kita, atau sikap perlakuan kita, atau cara kita mendekorasi tempat atau rumah kita, semuanya kita jaga untuk tidak menimbulkan hal-hal yang sifatnya kemungkaran, atau yang sifatnya maksiat.
Beriman kepada Allah (tu'minuna billah), untuk terwujudnya suasana yang baik, indah, nyaman, sejahtera dunia dan akhirat serta terjauh  dari siksa api neraka.

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ  ۚ  وَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Q.S. Ali 'Imran (3): 104).

Muslim yang kita gambarkan di atas itulah yang disebut yang terbaik, yang pilihan, yang selamat dunia dan akhir at serta terjauh dari siksa api neraka.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ  ۗ ...

Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah... (Q.S. Ali 'Imran (3): 110).

Allah telah menetapkan perlakuan baik atas segala sesuatu yang akan dilakukan muslim dalam kehidupan ini.

عَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّاد ابْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ اللهَ كَتَبَ اْلإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ. [رواه مسلم]

Dari Abu Ya'la Syaddad bin Aus Radhiallahuanhu dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bersabda: Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya. (Shahih Muslim no 1955).

Semoga bermanfaat

Komentar

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    And earning money online using it is as easy as 1...2...3!

    It's super easy how it works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products the system will promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to start making money??

    Click here to start running the system

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya...

    BalasHapus

Posting Komentar