IBADAH HAJI WAJIB SENANTIASA DIPERTAHANKAN

Ibadah haji penuh pengorbanan yakni: - Pikiran, Tenaga, Waktu, Harta, Perasaan dan lain sebagainya.  Agar pengorbanan tersebut bermanfaat berlipat ganda dunia dan akhirat, maka sedapatnya sungguh-sungguh ditunaikan hal sebagai berikut:


  1. Mantapkan niat, kesengajaan menyangkut ibadah besar tersebut, sangat jelas kesengajaan menunaikannya semata-mata karena mencari keridhaan Allah Swt. bukan karena ingin dipuji, dihormati, disebut sebagai orang kaya dan lain sebagainya, (periksa Q.S. Al Bayyinah (98): 5) dan HR Bukhari dan Muslim "Sesungguhnya perbuatan itu dengan niat").
  2. Mantapkan kesucian hati dengan bertaubat yang seihklas-ikhlasnya  kepada Allah Swt. tentu yang sangat penting ditobatkan adalah dosa terhadap: orang tua (ibu dan bapak), suami/isteri, anak dan saudara sendiri kemudi kepada masyarakat umumnya terkhusus pada tentangga. (periksa Q.S. An Nur (24): 31).
  3. Mantapkan pengetahuan yang berhubungan erat dan jelas dengan hal ibadah Haji, serta rajin mengikuti ceramah tentang ibadah haji yang sering diselenggerakan di tengah-tengah masyarakat khususnya saat-saat menjelang musim haji.
  4. Jaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, ingat ibadah haji seakan jauh lebih besar yang membutuhkan tenaga dibanding yang teori/pikiran.
  5. Dan hal-hal pokok lainnya.
Disarankan kepada muslim-muslimah "kiranya dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menunaikan ibadah haji dengan bersama suami/isteri atau kerabat lainnya".
Harapan yang paling besar yakni setelah menunaikan ibadah haji, maka semua amalan keislam semakin mantap dan meningkat terus kemantapannya hingga tiba ajal dengan penuh ketenangan.

Semoga.

0 komentar :