IBADAH HAJI WAJIB SENANTIASA DIPERTAHANKAN

Ibadah haji penuh pengorbanan yakni: - Pikiran, Tenaga, Waktu, Harta, Perasaan dan lain sebagainya.  Agar pengorbanan tersebut bermanfaat berlipat ganda dunia dan akhirat, maka sedapatnya sungguh-sungguh ditunaikan hal sebagai berikut:


  1. Mantapkan niat, kesengajaan menyangkut ibadah besar tersebut, sangat jelas kesengajaan menunaikannya semata-mata karena mencari keridhaan Allah Swt. bukan karena ingin dipuji, dihormati, disebut sebagai orang kaya dan lain sebagainya, (periksa Q.S. Al Bayyinah (98): 5) dan HR Bukhari dan Muslim "Sesungguhnya perbuatan itu dengan niat").
  2. Mantapkan kesucian hati dengan bertaubat yang seihklas-ikhlasnya  kepada Allah Swt. tentu yang sangat penting ditobatkan adalah dosa terhadap: orang tua (ibu dan bapak), suami/isteri, anak dan saudara sendiri kemudi kepada masyarakat umumnya terkhusus pada tentangga. (periksa Q.S. An Nur (24): 31).
  3. Mantapkan pengetahuan yang berhubungan erat dan jelas dengan hal ibadah Haji, serta rajin mengikuti ceramah tentang ibadah haji yang sering diselenggerakan di tengah-tengah masyarakat khususnya saat-saat menjelang musim haji.
  4. Jaga kesehatan dengan sebaik-baiknya, ingat ibadah haji seakan jauh lebih besar yang membutuhkan tenaga dibanding yang teori/pikiran.
  5. Dan hal-hal pokok lainnya.
Disarankan kepada muslim-muslimah "kiranya dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menunaikan ibadah haji dengan bersama suami/isteri atau kerabat lainnya".
Harapan yang paling besar yakni setelah menunaikan ibadah haji, maka semua amalan keislam semakin mantap dan meningkat terus kemantapannya hingga tiba ajal dengan penuh ketenangan.

Semoga.

Komentar