Sahabat Nabi Saw. Muhajirin dan Anshar dijamin masuk Surga oleh Allah Swt.

Untuk menjaga keutuhan dan keunggulan umat Islam dalam peradaban yang semakin maju dan majemuk yang semakin luas dan besar, maka sangat penting meningkatkan dan mempersubur pemahaman dan baik sangka terhadap kehidupan para sahabat dan pengikut sahabat Nabi Muhammad Saw. sesuai dengan seruan Allah Swt. yang terang dan jelas dalam ayat-ayat Al Qur'an.

Hal di atas kami ketengahkan sebab biasa ada yang apa dia sengaja atau hanya karena kurang paham sehingga mereka kadang menyampaikan pernyataan yang bermaksud menjelekkan/menyalahkan perlakuan/amalan para sahabat misalnya: Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. Umar Bin Khaththab R.A. Utsman bin Affan R.A. dan sahabat-sahabat lainnya, padahal mereka itu semua terang sudah diberikan jaminan oleh Allah Swt. pasti masuk surga yang telah disediakan untuk mereka dan mereka kekal di dalamnya (Q.S. At Taubah (9): 100).

Sewajarnya sebagai muslim-muslimah, mukmin-mukminah, maka apa yang  tertera dalam firman Allah Swt. kita sisa memahami dengan baik dan siap menerima dan mengamalkan sesuai syariat Islam dan kemampuan yang kita miliki, bukan mendiskusikan untuk mengadakan koreksi dan lain sebagainya. Boleh diskusi tentang hal tersebut, tetapi dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman dan mempermudah untuk meniru dan mengamalkannya.

Semoga.

0 komentar :