BAHAYA MENINGGALKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

Muslim, muslimah senantiasa menyadari kewajiban pribadinya, keluarganya dan masyarakatnya bahwa satu kewajiban yang sekaligus merupakan amanah dari Allah Swt. yakni mempunyai kewajiban senantiasa mengingatkan/memberikan nasihat kepada siapa saja yang pantas untuk dinasihati demi ketertiban hidup dalam bermasyarakat.

Ar Ba’in No: 7 Dari Abu Ruqayyah Tamiim bin Aus Ad Daari"Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda : Agama itu adalah nasihat , kami bertanya : Untuk siapa? Beliau bersabda: Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin umat Islam, dan bagi seluruh kaum muslim" HR. Muslim.

Muslim, muslimah senantiasa menyadari kewajiban, selaku pengikut Muhammad Saw. dalam amanah yang dibebankan kepadanya yakni memberikan peringatan, diminta atau tidak jika hal tersebut ada kesempatan/ada kesanggupan dan diyakini ada manfaatnya.

21. Maka berilah peringatan, karena Sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. 22. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka, (Q.S. Gaasyiyah (88): 21- 22).

Keyakinan bagi muslim, muslimah bahwa bila suatu kaum telah sepakat tidak lagi mengadakan nasihat, tidak lagi memberikan peringatan kepada sesamanya, maka yakin pasti akan turun azab dari Allah Swt. sebagai balasan kepada kaum yang tidak lagi memberi peringatan kepada sesamanya.

78. Telah dila'nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. 79. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya Amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. (Q.S. Al Maaidah (5): 78-79).

Kaum muslimin, muslimah pada dasarnya senantiasa terbeban tugas, amanah dari Allah Swt. yakni kewajiban untuk saling mengingatkan, saling membantu dalam berbagai hal sehingga satu sama lainnya menjadi kuat dan mendapat ridha dari Allah Swt. dunia dan akhirat.

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. At Taubah (9): 71).

Kaum muslimin, muslimah pada dasarnya senantiasa terbeban tugas, yakni mewaspadai kehidupan agar selalu tertuntun oleh aturan Allah Swt. (Al Qur’an) dan Rasul-Nya Muhammad Saw. (Al Hadits) sehingga tidaklah terjadi kemurkaan Allah Swt. dan menurunkan siksa kepada umatnya secara umum, tidak hanya mengenai umat-Nya yang berdosa, tetapi semuanya terkena.

Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya. (Q.S. Al Anfaal (8): 25).

Kaum muslimin, muslimah pada dasarnya senantiasa terbebani tugas, yakni mewaspadai kehidupan agar selalu terhindar dari sifat kufur, kehidupan yang keluar dari prinsip ajaran Islam, mereka sangat yakin bahwa bagi kuffar mesti mendapatkan siksa baik di dunia demikian di akhirat.

Adapun orang-orang yang kafir, Maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong. (Q.S. Ali Imran (3): 56).

Semoga.

0 komentar :