HIMNE M Ts Al Hikmah Parombean

Wahai putra-putri Parombean Uluwai dan Malanning, serta Maliba’ dan Bunturandan, bersatu hatilah, sambil berpegangan tangan, menuntut ilmu pengetahuan di Madrasah Al Hikmah Parombean.1

Ilmu pengetahuan berdasar Qur’an dan Hadits, kita yakini mengantarkan bahagia dunia dan akhirat.2

Hilangkan dendam, tumbuhkan persaudaraan, kibarkan persatuan.3

Dengan madrasah tsanawiyah Al Hikmah Parombean, kita yakin usaha sampai, ya Allah kami mohon petunjuk, ridha dan berkah dari Mu.4

Parepare, 15 April 2012 




1. Bersatu: 
Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), Maka Allah mengutus Para Nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, Yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Q.S. Al Baqarah (2): 213). Dan firman-Nya:

Mereka tidak akan memerangi kamu dalam Keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. kamu kira mereka itu bersatu, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak mengerti. (Q.S. Al Hasyr (59): 14).

2. Derajat bagi yang beriman dan berilmu: 
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. 58): 11).

Keterangan derajat: 
(yaitu) beberapa derajat dari pada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. An Nisaa’ (4): 96). 

Dan firman-Nya: 
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia. (Q.S. Al Anfaal (8): 4).

3. Hilangkan dendam, tumbuhkan persaudaraan. 
Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. (Q.S. Al Hijr (15).

4. Yakin usaha sampai: 
Dan dari Abu Khurairah dia berkata: Bersabda rasulullah Saw. barang siapa yang berjalan di suatu jalan untuk menuntut ilmu pengetahuan maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke sorga. (H.R. Muslim).

Semoga.

0 komentar :