AMANAH PADA PENAMATAN SISWA-SISWI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIKMAH PAROMBEAN





Harapan hakiki pada Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean:
1)  Menyiapkan peserta didik menjadi musli yang beriman dan bertakwa,  berakhlak mulia, memiliki kemampuan, kecerdasan, profesi, beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah Swt.
2)      Menyiapkan peserta didik menjadi muslim mengamalkan, menciptakan, menyebarkan ilmu pengetahuan,  teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

1. Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa membaca, menghayati ciptaan Allah Swt.


       Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,

(1)   Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
(2)   Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
(3)   Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
(4)   Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Q.S. Al ‘Alaq (96): 1 – 5).
      [1589] Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.


2.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa kritis, tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang yang bertentangan dengan akal atau yang tidak sesuai dengan Islam. 
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Q.S. Al Isra’ (17): 36).
3.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa kesungguhan bahwa jika seorang berbuat sungguh ia berbuat untuk diri, bukan untuk orang lain.
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, … (Q.S. Al Isra (17): 7).
4.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa kesungguhan dalam memperdalam ilmu, pemahaman agama Islam.  
 
      Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (Q.S. At Taubah (9): 122).
5.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa    kesungguhan   dalam percaya diri berlombah dalam berbagai kebaikan.
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Al Baqarah (2): 148).

6.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa kesungguhan dalam menanam dan mengkohkan kekuatan jasmani dan rohani.
 
Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Q.S. Al Anfaal (8): 60).
7.   Di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean, ditanamkan dan disemangati jiwa kesungguhan dalam menjaga diri dan keluarga sehingga tidak tersiksa baik di dunia demikian di akhirat 
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At Tahrim (66): 6).
Terakhir:
1)      Ananda yang telah berhasil, lanjutkanlah pendidikanmu sepanjang kemampuan yang kau miliki.
2)      Ananda yang belum tamat, bertekunlah sehingga kamu lebih bagus lagi dari pada kakakmu yang sudah tamat tahun ini.
3)      Ananda yang sudah tamat dan yang belum, berusahalah mendapatkan minimal satu calon siswa-siswi baru untuk  Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah Parombean.

Semoga.




0 komentar :