Ramadhan 1434 H. 13. Kewajiban Beramar Ma’ruf dan Bernahi Munkar.

Muslim yakin agama Islam adalah agama nasihat, penganutnya berkewajiban memberikan nasihat kebaikan, nasihat menjauhkan kemunkaran.

1) Muslim berkewajiban mengajak untuk: mayakini, mendalami, mengamalkan, dan menyampaikan pada orang lain tentang ajaran agama Islam secara terus-menerus sesuai dengan kesanggupannya.

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ (١٢٥)

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. AnNahl (16): 125).

[845] Hikmah: Perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.

2) Muslim berkewajiban mengajak untuk meyakini, memahami, mengamalkan kebaikan dan mencegah kejahatan secara terus-menerus sesuai dengan kesanggupannya.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ (١١٠)

Kamu (mukmin) adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Q.S. Ali Imran (3): 110).
 
Semoga

0 komentar :