Ramadhan 1434 H. 16. Kewajiban Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah.

Muslim meyakini, memahami ibadah haji termasuk rukun Islam yang kelima, sehingga menjadi kewajiban bagi muslim yang telah sanggup: kesehatan, ongkos naik haji (ONH), dan kondisi wilayah aman.


Artinya: Islam dibina atas lima dasar: 1. Syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah, 2. Dan mendirikan shalat, 3. Dan membayar zakat, 4. Dan berpuasa di bulan Ramadhan, 5. Dan Pergi haji ke Baitullah bagi yang mampu. (HR. bukhari dan Muslim).

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (٩٧)

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim[215]; Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah[216]. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (Q.S. Ali Imran (3): 97).

215) Ialah: tempat Nabi Ibrahim A.S. berdiri membangun Ka'bah.
216) Yaitu: orang yang sanggup mendapatkan perbekalan dan alat-alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalananpun aman.
Umrah yakni: mengunjungi baitullah, waktunya cukup lama bahkan hampir sepanjang waktu kecuali hari Arafah dan 4 (empat) hari sesudahnya, sebagian ulama mengatakan waktu itu makruh melakukan umrah bagi orang yang bukan jamaah haji karena mengganggu jamaah yang sedang menunaikan ibadah haji.

Amalan bagi yang umrah: ihram, thawaf, sa’I, bercukur, tahallul dan lain-lain.

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ … (١٩٦)

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan `umrah karena Allah. … (Q.S. Al baqarah (2): 196). 
Semoga

0 komentar :