Ramadhan 1434 H. 18. Meraih Kemuliaan Lailatul Qadri.

Muslim meyakini: yang meraih Kemuliaan Lailatul Qadri, pasti puas, memiliki martabat yang tinggi dunia dan akhirat.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤)سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan [1593]. 2. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? 3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. Al Qadr (97): 1-5).

[1593] Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadar: suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

Muslim yakin, bulan ramadhan penuh: berkah, ampunan, dan pahala kasih sayang pada hamba-Nya. Dijamin oleh Allah Swt. muslim yang menunaikan rukun Islam yang keempat, puasa sebulan penuh, mungkin 29, atau 30 hari dengan tulus dasar iman dan penuh harap semata-mata pada ridha Allah Swt. mereka dibalasi: ampunan atas dosanya, tentu dengan terampuninya dosa, ridha-Nya yang diberikan, mereka pasti puas.

 
Barang siapa berpuasa ramadhan dengan keimanan dan berharap pahala (ridha) Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu (H.R. Bukhari).

Siapa yang ibadahnya berdasarkan Al Qur’an yang turun dalam tempo 23 tahun yang terdiri dari isi: 30 Juz dan 114 Surah serta 6.234 ayat, ia menyamai ibadah selama 1000 bulan, setara umur manusia kurang lebih 83 tahun 4 bulan. Ini adalah pahala yang besar. Dan memberikan kemuliaan di dunia dan terlebih kelak di akhirat, secara abadi di surga Allah Swt. Sebagai buah dari ketakwaan yang ia miliki.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (١٣)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (Q.S. Al Hujraat (49): 13).

Semoga

0 komentar :