MENJAGA DIRI DAN KELUARGA DARI API NERAKA




Muslim dengan penuh kesungguhan sesuai kemampuan yang dimiliki berusaha memenuhi kebutuhan pokok dalam hidup dan kehidupan sesuai syariat Islam. Kebutuhan pokok dalam hidup dan kehidupan meliputi: sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan. Muslim yakin hanya dengan usaha tersebut Allah mengabulkan doa sebagai berikut:
وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (٢٠١)
Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka" [127]. (Q.S. Al Baqarah (2): 201). [127] Inilah doa yang sebaik-baiknya bagi seorang muslim.

Menjunjung tinggi keyakinan bahwa tidak ada yang dapat menjaga diri kita dari siksa dunia terlebih siksa akhirat selain diri kita dan Allah. Keyakinan tersebut diwujudkan muslim dalam ketaatannya yang sempurna pada syariat Islam.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ (٦)
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At Tahrim (66): 6).
Muhammad Saw. demikian waspadanya terhadap siksa tersebut sehingga beliau syariatkan menjadi doa dalam setiap membaca tahiyat/tasyahud akhir dalam shalat hadits sebagai berikut:
قَالَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَشَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
(MUSLIM - 927) … "Nabi Saw. biasa berdo'a ALLAAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MIN 'ADZAABIL QABRI WA'ADZAABIN NAARI WAFITNATIL MAHYAA WAL MAMATI WA SYARRIL MASIIHID DAJJAAL (Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan siksa neraka dan fitnah kehidupan dan kematian dan keburukan Masih Dajjal)."
Semoga

0 komentar :