Bahan ini, makna pokok yang dikandung 100 % kami kutip sesuai aslinya, dengan harapan agar warga dan simpatisan persyarikatan Muhammadiyah serta umat Islam pada umumnya, lebih mudah menemukan. Terlebih lagi bagi yang masih bingung (karena mendengarkan ceramah yang berbeda satu dengan lainnya) tentang cara duduk dalam Shalat dua rakaat iftirasy atau tawarruk pada rakaat akhirnya. Sekali lagi selaku anggota PDM Kota Parepare memuat dalam blogspot bahan ini dan sering kali juga dijadikan bahan ceramah, semata-mata dengan harapan di atas, kami yakin bahan ini sangat penting dalam amalan ibadah khusus.
Pertanyaan dari:
Sri Hartanti, Semarang, Jawa Tengah
(Disidangkan pada hari Jum’at, 11 Jumadilawal
1431 H / 30 April 2010)
Pertanyaan:
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada shalat dengan
bilangan 3 atau 4 rakaat (Shalat Maghrib, Isya, Dhuhur, dan Ashar) ada tahiyat
awal dan tahiyat akhir. Pada tahiyat awal, posisi duduknya dengan iftirasy,
yaitu kaki kiri tepat di bawah pantat, sedang tahiyat akhir, posisi duduknya
dengan tawarruk, yaitu kaki kiri menyilang bersentuhan dengan kaki kanan.
Pertanyaan saya
adalah, untuk salat dengan 2 rakaat misalnya Shalat Subuh, apakah posisi
duduknya dengan duduk iftirasy karena dalam shalat dua rakaat tersebut
tidak ada tahiyat akhir, atau dengan cara duduk tawarruk terus salam
karena tidak ada tahiyat awal.
Jawaban:
Wa’alaikumsalam
Wr. Wb.
Terima kasih
atas pertanyaan yang telah ibu sampaikan. Untuk menjawab pertanyaan ibu, perlu
kami sampaikan beberapa hal:
Pertama, bahwa dalam agama Islam salat merupakan bentuk ibadah yang
dikategorikan ibadah mahdhah (khusus). Oleh karena itu, tata cara pelaksanaannya harus mengikuti
contoh dan tuntunan Rasulullah Saw. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits
riwayat Malik bin al-Huwairis, Rasulullah Saw. bersabda;
...وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي فَإِذَا حَضَرَتْ
الصَّلَاةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ أَحَدُكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ أَكْبَرُكُمْ [رواه
البخارى، باب الأذان للمسافر إذا كانوا جماعة]
Artinya: “Shalatlah kamu sekalian
sebagaimana kalian melihat aku melakukan shalat, apabila (waktu) shalat telah
tiba, maka, hendaklah salah seorang di antaramu mengumandangkan adzan, dan
hendaklah orang yang lebih tua di antaramu menjadi imam.” [HR al-Bukhari, bab al-Adzan li al-musafiri idza kaanu fi
jamaa’ah]
Kedua, ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang
cara duduk dalam salat. Adapun hadits-hadits yang menjelaskan tentang cara
duduk dalam salat tersebut adalah sebagai berikut:
1-
أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ الْحُوَيْرِثِ اللَّيْثِيُّ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ
صَلَاتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا [رواه البخارى، باب من استوى
قاعدا فى وتر من صلاته]
Artinya:
“Malik bin al-Huwairis al-Laisy telah menceritakan kepada kami, bahwa dirinya
pernah melihat Nabi Saw. sedang melakukan shalat, apabila beliau duduk pada
rakaat ganjil dari salatnya beliau tidak berdiri, sampai beliau duduk dengan
lurus”. [HR al-Bukhari; bab man istawa qaidan fi witrin min shalatihi]
2-
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَسْتَفْتِحُ الصَّلَاةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ بِ الْحَمْد لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ
وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ لَمْ
يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ
السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا وَكَانَ يَقُولُ فِي كُلِّ
رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ
رِجْلَهُ الْيُمْنَى وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ الشَّيْطَانِ وَيَنْهَى أَنْ
يَفْتَرِشَ الرَّجُلُ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ السَّبُعِ وَكَانَ يَخْتِمُ
الصَّلَاةَ بِالتَّسْلِيمِ [مسلم، كتاب الصلاة، باب ما بجمع صفة الصلاة ومايفتتح
به ويختتم به]
Artinya:
“Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata; adalah Rasulullah Saw. memulai salatnya
dengan (mengucapkan) takbir dan (melanjutkan) dengan (bacaan) alhamdu lillahi
rabbil’alamin. Apabila beliau ruku’, maka tidak mengangkat kepalanya dan tidak
pula merendahkannya, tetapi beliau melakukannya dengan tengah-tengah (lurus). Apabila
beliau mengangkat kepalanya dari ruku’ (bangkit), beliau tidak (segera)
sujud sampai berdiri tegak. Dan apabila beliau mengangkat kepalanya dari sujud,
maka beliau pun tidak (segera) sujud (yang kedua) sampai beliau sempurna
duduknya, dan pada setiap dua rakaat beliau membaca “at-Tahiyat” dan (pada saat
itu) beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Beliau
melarang (orang salat) duduk di atas kedua tumitnya dan melarang pula seseorang
menghamparkan kedua hastanya hamparan binatang buas, dan beliau mengakhiri shalatnya dengan
membaca salam.” [HR Muslim; kitab as-Salat, bab Maa Yajma’u shifat as-Salat wa
maa Yuftatahu bihi wa Yuhtatamu bihi]
3-
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَفْتَتِحُ الصَّلَاةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةِ بِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشَخِّصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ
وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ لَمْ
يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا وَكَانَ يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ
التَّحِيَّاتُ وَكَانَ إِذَا جَلَسَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ
رِجْلَهُ الْيُمْنَى [رواه أبو داود]
Artinya:
“Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata; adalah Rasulullah Saw. memulai shalatnya
dengan (mengucapkan) takbir dan (melanjutkan) dengan (bacaan) al-hamdu lillahi
rabbil-‘alamin. Apabila beliau ruku’, maka tidak mengangkat kepalanya dan tidak
pula menundukkannya, tetapi beliau melakukannya dengan tengah-tengah (lurus).
Apabila beliau mengangkat kepalanya (bangkit) dari ruku’ , beliau tidak
(segera melakukan) sujud sampai berdiri tegak. Dan pada setiap dua rakaat
beliau membaca “at-Tahiyat” dan beliau duduk di atas kaki kirinya dan
menegakkan kaki kanannya.” [HR. Abu Dawud]
4-
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ أَنَّهُ كَانَ جَالِسًا مَعَ نَفَرٍ
مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرْنَا صَلَاةَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو حُمَيْدٍ
السَّاعِدِيُّ أَنَا كُنْتُ أَحْفَظَكُمْ لِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُهُ إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ حِذَاءَ
مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ هَصَرَ
ظَهْرَهُ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ
مَكَانَهُ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضِهِمَا
وَاسْتَقْبَلَ بِأَطْرَافِ أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ الْقِبْلَةَ فَإِذَا جَلَسَ فِي
الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْيُمْنَى وَإِذَا
جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَنَصَبَ
الْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ [رواه البخارى، كتاب الاذان، باب سنة
الجلوس فى التشهد]
Artinya:
“Diriwayatkan dari Muhammad bin Amr bin ‘Atha bahwa dirinya pernah duduk
bersama dengan para shahabat, maka kami membicarakan tentang shalat Nabi Saw.,
(ketika itu) Abu Humaid as-Sa’idi berkata; aku adalah orang yang paling
mengerti shalat Rasulullah Saw. Aku melihat beliau, apabila bertakbir,
mengangkat kedua tangannya sejurus dengan bahunya dan apabila ruku' meletakkan
kedua tangannya pada kedua lututnya, lalu membungkukkan punggungnya, kemudian
apabila mengangkat kepalanya beliau berdiri tegak sehingga luruslah tiap
tulang-tulang punggungnya seperti semula; lalu apabila sujud, beliau meletakkan
kedua telapak tangannya pada tanah dengan tidak menempelkan kedua lengan dan
tidak merapatkannya (pada lambung), dan ujung-ujung jari kakinya dihadapkan ke arah
Qiblat. Kemudian apabila duduk pada rakaat yang kedua beliau duduk di atas kaki
kirinya dan menumpukkan kaki yang kanan. Kemudian apabila duduk pada rakaat
yang terakhir ia majukan kaki kirinya dan menumpukkan kaki kanannya serta duduk
bertumpu pada pantatnya." [HR. al-Bukhari, kitab al-Adzan, bab sunnah
al-Julus fii at-Tasyahhud]
5-
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ تَنْقَضِي
فِيهِمَا الصَّلَاةُ أَخَّرَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَى شِقِّهِ
مُتَوَرِّكًا ثُمَّ سَلَّمَ [رواه النسائى، كتاب السهو، باب صفة الجلوس فى الركعة
التى يقضى فيها الصلاة]
Artinya:
“Diriwayatkan dari Abu Humaid as-Sa’idy ia berkata, adalah Nabi Saw. apabila
beliau duduk pada rakaat kedua dimana shalat berakhir, beliau memajukan
kaki kirinya dan duduk pada bagian kirinya dengan cara tawarruk, lalu ia
mengucapkan salam”. [HR an-Nasa’i, Kitab as-Sahwi, Bab Sifat al-Julus fi
ar-Rak’ati allati yaqdhi fiiha as-Salat]
Dengan memperhatikan hadits-hadits tentang tata cara salat di atas,
dapat disimpulkan bahwa duduk dalam pelaksanaan salat ada dua macam,
yaitu:
Pertama, duduk
iftirasy, yaitu duduk dengan cara duduk di atas telapak kaki kiri dan telapak
kaki kanan ditegakkan.
Kedua, duduk tawarruk,
yaitu duduk dengan cara memajukan kaki kiri di bawah kaki kanan dan menegakkan
telapak kaki kanan.
Berdasarkan kemiripan matan dan kesamaan isi, dilalah
hadits-hadits tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
1.
Kelompok pertama (hadits no.1). Dilalah hadits ini
menunjukkan adanya duduk istirahat ketika akan berdiri dari rakaat ganjil
(rakaat pertama dan tiga).
2.
Kelompok
kedua (hadits no. 2 dan 3). Dilalah kedua hadits tersebut menunjukkan bahwa
Nabi Saw. pada setiap 2 rakaat membaca at-tahiyat (tasyahud) dan duduk dengan
cara duduk iftirasy, dan Nabi melarang duduk di atas kedua tumitnya dan
melarang pula kepada orang yang shalat menghamparkan kedua hastanya seperti
binatang.
3.
Kelompok
ketiga (hadits no.4-5). Dilalah kedua hadits tersebut menjelaskan apabila
beliau duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan
kaki kanannya (duduk iftirasy) dan apabila duduk pada rakaat terakhir, beliau
memajukan kaki kiri (di bawah kaki kanan) dan menegakkan kaki kanannya (duduk
tawarruk)
Secara lahiriyah (tekstual) hadits no. 3 (hadits riwayat Abu Dawud
melalui Aisyah ra.) menunjukkan bahwa pada setiap dua rakaat membaca
“at-Tahiyyat” atau “tasyahud” dan duduk dengan cara duduk iftirasy. Pemahaman
ini tidak tepat karena pada hadits lain seperti pada hadits no. 4,
hadits riwayat al-Bukhari melalui Abu Hamid as-Sa’idy menjelaskan bahwa beliau
(Abu Hamid) mengetahui betul cara shalat Rasulullah, apabila duduk pada rakaat
kedua beliau duduk dengan cara duduk iftirasy dan apabila duduk pada rakaat terakhir
duduk dengan cara duduk tawarruk. Dan pada hadits no. 5 (hadits riwayat
an-Nasa’i dari Abu Hamid as-Sa’idy menjelaskan bahwa Nabi Saw. apabila duduk
pada rakaat kedua yang merupakan rakaat terakhir duduk dengan cara duduk
tawarruk.
Menurut kami hadits no. 3 (hadits riwayat Abu Dawud melalui Aisyah
ra.) tidak difahami secara kemutlakannnya, akan tetapi harus dihubungkan dengan
pemahaman terhadap hadits lainnya (seperti hadits no. 4 dan 5) yang
semakna.
Dengan demikian untuk memahami hadits tersebut (hadits no. 3, hadits riwayat Abu
Dawud melalui Aisyah ra.) perlu dikaitkan dengan pemahaman terhadap hadits lainnya, dan
menurut kami pemahaman semacam ini lebih tepat.
Oleh karena itu, pemahaman terhadap hadits tersebut (hadits no. 3, hadits
riwayat Abu Dawud melalui Aisyah ra.) adalah cara duduk pada rakaat kedua yang
bukan merupakan rakaat terakhir dengan cara duduk “iftirasy”, sedang duduk pada
rakaat kedua dan rakaat tersebut merupakan rakaat terakhir (yang diakhiri
dengan mengucapkan salam), maka duduknya dengan cara duduk “tawarruk” (memasukkan
kaki kiri di bawah kaki kanan, dan menegakkan jari-jari kaki kanan serta duduk
di lantai). Pemahaman semacam ini dikuatkan dengan pemahaman dari
beberapa hadits yang menjelaskan bahwa cara duduk pada rakaat terakhir (baik
jumlah rakaatnya 2, 3 atau 4) dengan cara duduk ”tawarruk”. Adapun hadits-hadits
tersebut adalah sebagai berikut;
1- أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ
أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَطَاءٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا حُمَيْدٍ
السَّاعِدِيَّ فِي عَشْرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهُمْ أَبُو قَتَادَةَ قَالَ أَبُو حُمَيْدٍ أَنَا
أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالُوا فَلِمَ فَوَاللَّهِ مَا كُنْتَ بِأَكْثَرِنَا لَهُ تَبَعًا وَلَا
أَقْدَمِنَا لَهُ صُحْبَةً قَالَ بَلَى قَالُوا فَاعْرِضْ قَالَ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ يَرْفَعُ
يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبِّرُ حَتَّى يَقِرَّ
كُلُّ عَظْمٍ فِي مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا ثُمَّ يَقْرَأُ ثُمَّ يُكَبِّرُ
فَيَرْفَعُ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يَرْكَعُ
وَيَضَعُ رَاحَتَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ يَعْتَدِلُ فَلَا يَصُبُّ رَأْسَهُ
وَلَا يُقْنِعُ ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ فَيَقُولُ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ
ثُمَّ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ مُعْتَدِلًا ثُمَّ
يَقُولُ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ يَهْوِي إِلَى الْأَرْضِ فَيُجَافِي يَدَيْهِ عَنْ
جَنْبَيْهِ ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ وَيَثْنِي رِجْلَهُ الْيُسْرَى فَيَقْعُدُ
عَلَيْهَا وَيَفْتَحُ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ إِذَا سَجَدَ وَيَسْجُدُ ثُمَّ يَقُولُ
اللَّهُ أَكْبَرُ وَيَرْفَعُ رَأْسَهُ وَيَثْنِي رِجْلَهُ الْيُسْرَى فَيَقْعُدُ
عَلَيْهَا حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ إِلَى مَوْضِعِهِ ثُمَّ يَصْنَعُ فِي
الْأُخْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ إِذَا قَامَ مِنْ الرَّكْعَتَيْنِ كَبَّرَ
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ كَمَا كَبَّرَ عِنْدَ
افْتِتَاحِ الصَّلَاةِ ثُمَّ يَصْنَعُ ذَلِكَ فِي بَقِيَّةِ صَلَاتِهِ حَتَّى
إِذَا كَانَتْ السَّجْدَةُ الَّتِي فِيهَا التَّسْلِيمُ أَخَّرَ رِجْلَهُ
الْيُسْرَى وَقَعَدَ مُتَوَرِّكًا عَلَى شِقِّهِ الْأَيْسَرِ قَالُوا صَدَقْتَ
هَكَذَا كَانَ يُصَلِّي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (أبو داود:الصلاة:
افتتاح الصلاة)
2- عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ سَمِعْتُهُ وَهُوَ فِي
عَشَرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدُهُمْ
أَبُو قَتَادَةَ بْنُ رِبْعِيٍّ يَقُولُ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا لَهُ مَا كُنْتَ أَقْدَمَنَا صُحْبَةً
وَلَا أَكْثَرَنَا لَهُ تَبَاعَةً قَالَ بَلَى قَالُوا فَاعْرِضْ قَالَ كَانَ
إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى حَاذَى
بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى
يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ فَرَكَعَ ثُمَّ
اعْتَدَلَ فَلَمْ يَصُبَّ رَأْسَهُ وَلَمْ يَقْنَعْهُ وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى
رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ رَفَعَ
وَاعْتَدَلَ حَتَّى رَجَعَ كُلُّ عَظْمٍ فِي مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا ثُمَّ هَوَى
سَاجِدًا وَقَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ جَافَى وَفَتَحَ عَضُدَيْهِ عَنْ
بَطْنِهِ وَفَتَحَ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ
عَلَيْهَا وَاعْتَدَلَ حَتَّى رَجَعَ كُلُّ عَظْمٍ فِي مَوْضِعِهِ ثُمَّ هَوَى سَاجِدًا
وَقَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ وَقَعَدَ عَلَيْهَا حَتَّى
يَرْجِعَ كُلُّ عُضْوٍ إِلَى مَوْضِعِهِ ثُمَّ نَهَضَ فَصَنَعَ فِي الرَّكْعَةِ
الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذَلِكَ حَتَّى إِذَا قَامَ مِنْ السَّجْدَتَيْنِ كَبَّرَ
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ كَمَا صَنَعَ حِينَ
افْتَتَحَ الصَّلَاةَ ثُمَّ صَنَعَ كَذَلِكَ حَتَّى إِذَا كَانَتْ الرَّكْعَةُ
الَّتِي تَنْقَضِي فِيهَا الصَّلَاةُ أَخَّرَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَى
شِقِّهِ مُتَوَرِّكًا ثُمَّ سَلَّمَ (أحمد:باقى مسند الأنصارى)
8- عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ
السَّاعِدِيِّ قَالَ سَمِعْتُهُ وَهُوَ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدُهُمْ أَبُو قَتَادَةَ بْنُ رِبْعِيٍّ
يَقُولُ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالُوا مَا كُنْتَ أَقْدَمَنَا لَهُ صُحْبَةً وَلَا أَكْثَرَنَا لَهُ
إِتْيَانًا قَالَ بَلَى قَالُوا فَاعْرِضْ فَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ
يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ
اللَّهُ أَكْبَرُ وَرَكَعَ ثُمَّ اعْتَدَلَ فَلَمْ يُصَوِّبْ رَأْسَهُ وَلَمْ
يُقْنِعْ وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ
حَمِدَهُ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَاعْتَدَلَ حَتَّى يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِي
مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا ثُمَّ أَهْوَى إِلَى الْأَرْضِ سَاجِدًا ثُمَّ قَالَ
اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ جَافَى عَضُدَيْهِ عَنْ إِبْطَيْهِ وَفَتَخَ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ
ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَيْهَا ثُمَّ اعْتَدَلَ حَتَّى
يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِي مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلًا ثُمَّ أَهْوَى سَاجِدًا ثُمَّ
قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ ثَنَى رِجْلَهُ وَقَعَدَ وَاعْتَدَلَ حَتَّى
يَرْجِعَ كُلُّ عَظْمٍ فِي مَوْضِعِهِ ثُمَّ نَهَضَ ثُمَّ صَنَعَ فِي الرَّكْعَةِ
الثَّانِيَةِ مِثْلَ ذَلِكَ حَتَّى إِذَا قَامَ مِنْ السَّجْدَتَيْنِ كَبَّرَ
وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ كَمَا صَنَعَ حِينَ
افْتَتَحَ الصَّلَاةَ ثُمَّ صَنَعَ كَذَلِكَ حَتَّى كَانَتْ الرَّكْعَةُ الَّتِي
تَنْقَضِي فِيهَا صَلَاتُهُ أَخَّرَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَقَعَدَ عَلَى شِقِّهِ
مُتَوَرِّكًا ثُمَّ سَلَّمَ (الترمذى:الصلاة)
Dengan mengkaji ulang pemahaman
terhadap hadits-hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan
kalimat “raka‘at terakhir” (وَإِذَا
جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَة)
yaitu duduk tahiyat terakhir dalam shalat, baik shalat tersebut
jumlah rakaatnya dua rakaat, tiga rakaat atau empat rakaat, baik dalam shalat
wajib maupun shalat sunnat yang setelah selesai berdo'a lalu ditutup dengan
salam. Cara duduk pada rakaat terakhir tersebut sama, yaitu dengan cara duduk
tawarruk.
Wallahu a‘lam bish-shawab.
*A.56h)
Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Komentar
Posting Komentar