1. GEMBIRA MENYAMBUT RAMADHAN





Insya Allah, Warga Persyarikatan Muhammadiyah khususnya dan umat Islam lainnya pada umumnya dengan semangat Islam dan kegembiraan menyambut dan memulai 1 ramadhan 1436 H. bertepatan 18 juni 2015 M. di manapun mereka berada, dengan harap hidayah berkah semata pada Allah Swt.


Suatu keyakinan sebagai muslim bahwa sewajarnya jika umat Islam penuh kegembiraan  yang dijiwai ketulusan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan setiap tahun yang berjalan, mereka yakin bahwa dengan ibadah puasa dijiwai iman yang sempurna sebulan penuh pada saat itu maka, yang bersangkutan pasti meningkat dalam kualitas ketakwaannya. Dengan ketakwaan seseorang, ia dijanjikan kemuliaan hidup baik di dunia terlebih kemuliaan kelak secara abadi di akhirat. Dengan demikian pasti mereka menjaga, memelihara diri dan keluarganya serta masyarakatnya agar betul-betul memanfaatkan secara efesien dan efektif, hemat waktu yang dijanjikan Allah Swt. tersebut.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (١٨٣)
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Q.S. Ali Imran (3): 183).
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (١٣)
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(Q.S. Al Hujurat (49): 13).
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
(BUKHARI - 5472) … Dari Nabi Saw. beliau bersabda: "Semua amalan bani Adam adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku (Allah), dan Akulah yang membalasnya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah dari pada harumnya minyak wangi."
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
(BUKHARI - 3035) … Rasulullah Saw. bersabda: "Apabila datang bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka sedang pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu".

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الصَّلَاةَ وَالصِّيَامَ وَالذِّكْرَ تُضَاعَفُ عَلَى النَّفَقَةِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِسَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ
(ABU DAUD - 2137) … Rasulullah Saw. bersabda: "Sesungguhnya shalat, puasa dan dzikir akan dilipatgandakan di atas berinfaq di jalan Allah sebanyak tujuh ratus kali lipat."

Muslim dengan penuh gembira dijiwai ketaatan, kecintaan dan harapan semata-mata kepada Allah Swt. ia bersungguh-sunguh akan mengamalkan dan menyempurnakan pelaksanaan ibadah puasa sebulan penuh tersebut.

Semoga.









0 komentar :