2. FADHILAH BULAN RAMADHAN




Bulan Ramadhan: selalu dinanti-nanti. Bagi muslim, mukmin, dan muttaqin, kepergian atau berakhirnya bulan Ramadhan bahkan seakan tidak direlakan, sebab demikian besar keutamaan hidup yang terkandung pada bulan Ramadhan baik keutamaan di dunia dan terlebih kelak di akhirat. Pada bulan Ramadhan muslim meyakini:
1.    Diturunkan (permulaan) Al Qur’an,
2.    Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia,
3.    Al Qur’an sebagai penjelasan-penjelasan,
4.    Al Qur’an sebagai pembeda (antara yang haq dan yang bathil),
5.    Malam yang diberkahi ialah malam Al Qur’an pertama kali diturunkan,
6.    Memperbanyak harapan, doa memohon rahmat dan karunia pada Allah Swt.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ (١٨٥)
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)... (Q.S. Al Baqarah (2):185).
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤)سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)
1.    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan [1593].
2.    Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3.    Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4.    Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5.    Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. Al Qadar (97): 1-5).
[1593] Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Qur’an.
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (٣)
Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi [1369] dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (Q.S. Ad Dukhan (44): 3). [1369] Malam yang diberkahi ialah malam Al Qur’an pertama kali diturunkan. Di Indonesia umumnya dianggap jatuh pada tanggal 17 Ramadhan.
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَبِيتُ عَلَى ذِكْرِ اللَّهِ طَاهِرًا فَيَتَعَارَّ مِنْ اللَّيْلِ فَيَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِلَّا أَعْطَاهُ
(AHMAD - 21078) … Rasulullah Saw. bersabda; "Tidaklah seorang muslim tidur dengan berdzikir dalam keadaan suci kemudian bangun malam meminta kebaikan dunia akhirat kepada Allah melainkan pasti diberi."
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَارِبُوا وَسَدِّدُوا وَاعْلَمُوا أَنَّهُ لَنْ يَنْجُوَ أَحَدٌ مِنْكُمْ بِعَمَلِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا أَنْتَ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِيَ اللَّهُ بِرَحْمَةٍ مِنْهُ وَفَضْلٍ
(MUSLIM - 5041) … Rasulullah Saw. bersabda: "Mendekatlah, tujulah kebenaran dan ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak seorang pun dari kalian yang selamat karena amalnya." Mereka bertanya: "Tidak juga engkau, wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Tidak juga aku, kecuali bila Rabbmu melimpahkan rahmat dan karunia padaku."
Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Saw.  bersabda,
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dengan penuh kegembiraan muslim yakin bahwa mendapatkan bulan Ramadhan dan mengisinya dengan ibadah puasa sebulan penuh yang dijiwai iman dan takwa yang sempurna maka, insya Allah yang bersangkutan mesti memperoleh fadhilah, keutamaan bulan Ramadhan tersebut.

Semoga.




0 komentar :