16. CIRI-CIRI UMAT PILIHAN




Muslim senantiasa bersungguh-sungguh agar istiqamah dalam hidup yang tetap utuh dalam penyerahan diri secara hakiki semata-mata kepada Allah Swt. namun kesemuanya hidup yang dimaksud tetap dalam ukuran sederhana, insya Allah dengan keyakinan hidup tersebut akan utuh dan tahan. Penyerahan diri secara utuh kepada Allah Swt. akan mewujudkan pribadi yang masuk pada golongan umat pilihan Allah Swt. dengan prioritas sikap sebagai berikut:

 1.    Orang yang berpikir dan yakin bahwa berbuat baik, yakni mentaati  syariat Islam dan aturan yang cocok dengan syariat Islam tersebut mesti akan memperoleh ridha Allah Swt.
وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ  
وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (١٩٥)
Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al Baqarah (2): 195).
2. Muslim, mukmin yang senantiasa dapat menafkahkan sebagian hartanya walaupun dalam keadaan sempit, dapat menahan amarahnya, memaafkan kesalahan orang lain, mereka memperoleh kasih sayang dari Allah Swt.
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ
وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (١٣٤)
(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Q.S. Ali Imran (3): 134).
3.  Muslim, mukmin yang senantiasa menyadari jika ada kesalahan sehingga mereka segera bertaubat atasnya, dan tetap menjaga kesucian pribadinya, mereka mendapat kasih sayang dari Allah Swt.
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ (٢٢٢)
… Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. Al Baqarah (2): 222).
وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (١٣٣)
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali Imran (3): 133).
4. Muslim, mukmin  senantiasa penuh kesungguhan mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah Saw. dengan harapan mendapatkan ridha Allah Swt yang memberikan kebahagiaan di dunia dan terlebih kelak di akhirat secara abadi.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ
وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٣١)
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Ali Imran (3): 31).
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا (٢١)
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. (Q.S. Al Ahzab (33): 21).
5. Muslim, mukmin, senantiasa memiliki dan berusaha terus menyempurnakan kesempurnaan takwa yang sebenar-benar kepada Allah Swt. dalam semua amalannya.
فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ (٧٦)
… Maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Ali Imran (3): 76).
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ
عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ (٢٩)
Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqan [607]. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (Q.S. Al Anfal (8): 29). [607] Artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang haq dan yang bathil, dapat juga diartikan di sini sebagai pertolongan.
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا (٤)
… dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (Q.S. At Talaq (65): 4).
6. Mukmin, senantiasa memiliki ketahanan, kesabaran dalam menunaikan amalan-amalannya, mereka yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah Swt. mencintai dan bersama dengan hamba-Nya yang sabar, tekun dalam mengelola segala amalannya sebagai ibadah kepada Allah Swt.
وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ (١٤٦)
… Dan Allah menyukai orang-orang yang sabar. (Q.S. Ali Imran (3): 146).
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ
لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٢٠٠)
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (Q.S. Ali Imran (3): 200).

Semoga.

0 komentar :