CONTOH PENGANTAR CERAMAH

Materi yang sangat sederhana ini, tentang pengantar ceramah, kami susun dan muat pada blogspot ini adalah atas sering-sering adanya permintaan dari para muballigh-muballighat pemula. Harapan kami semoga dapat membantu mereka yang punya niat suci dalam mengembangkan dakwah sesuai kemampuan yang mereka miliki.



1. Mengucapkan salam dengan sempurna.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

(Assalaamu ‘alaiikum warahmatullaahi wabarakaatuh): semoga keselamatan dan rahmat serta barakah Allah atas kamu sekalian.

2. Kalimat memuji kepada Allah Swt.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


(Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina): Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

3. Mengucapkan syahadatain atau dua kalimah syahadat:
اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

(Ašyhadu al lā ilāha illa l-Lāh wa ašyhadu anna muḥammadar rasūlu l-Lāh): Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.

4. Mengucapkan shalawat atas nabi Saw.

Bacaan Shalawat yang disyariatkan
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

(Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, wa barik ‘ala Muhammad, wa ‘ala aali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid) artinya: Ya Allah, berilah shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, Ya Allah, berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.

Atau Shalawat yang lebih pendek:

اللّهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ

(Allahumma shalli wasallim ‘ala Muhammad): “Ya Allah tambahkan keselamatan atas Muhammad”.

5. Isi atau materi pokok yang akan disampaikan misalnya:

1) Pentingnya kerja sama pada kebaikan dan tidak kerja sama pada dosa dan pelanggaran:
… وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (٢)

(wata'aawanuu 'alaa albirri waalttaqwaa walaa ta'aawanuu 'alaa al-itsmi waal'udwaani waittaquu allaaha inna allaaha syadiidu al'iqaabi): …dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya. (Q.S. Al Maidah (5):).

2) Pentingnya senantiasa mengingatkan, agar dapat menjauhkan diri dari hal-hal yang membinasakan diri dan orang lain:
وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (١٩٥)

(wa-anfiquu fii sabiili allaahi walaa tulquu bi-aydiikum ilaa alttahlukati wa-ahsinuu inna allaaha yuhibbu almuhsiniina): 195. dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al Baqarah (2): 195).

6. Bahasan, ceramah diakhiri dengan memuji Allah.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
(Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina).

7. Ditutp dengan salam yang sempurn:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

(Assalaamu ‘alaiikum warahmatullaahi wabarakaatuh).

Semoga.

Komentar