Rasulullah Muhammad Saw. merupakan seorang pelaku
perniagaan yang ulung sebelum diangkat sebagai nabi dan rasul, ketika dipercaya
oleh Sitti Khadijah memimpin kafilah dagang, beliau menjalankannya dengan penuh
tanggung jawab. Keuntungan yang beliau dapat pun berlimpah-ruah. Keuntungan
yang banyak itu merupakan buah dari sistem perniagaan yang beliau jalankan. Ada beberapa prinsip dan
konsep yang pasti beliau amalkan, antara lain: Shiddiq, Amanah, Fatanah, dan
Tabligh.
1. Sikap
Shiddiq, jujur merupakan prinsip dasar dalam bermuamalah, terlebih lagi dalam
hal perniagaan, perniagaan jujur, maka orang-orang akan merasa senang untuk
bergaul dengan kita, yang dapat memajukan perniagaan yang kita lakukan. Karena
itu, dalam kehidupan diperintahkan selalu berlaku benar dan jujur.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا
مَعَ الصَّادِقِينَ (١١٩)
Hai orang-orang yang beriman
bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
(Q.S. At Taubah (9): 119).
Sabda Rasulullah Saw.:
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ
يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ
الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ
صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ
وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ
وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا
“Kalian wajib berlaku jujur. Sesungguhnya
kejujuran akan mengantarkan kepada kebajikan (ketakwaan) dan sesungguhnya
ketakwaan akan mengantarkan kepada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku
jujur dan selalu berusaha untuk jujur maka akan dicatat di sisi Allah sebagai
orang yang shiddiiq (yang sangat jujur). Kalian harus menjauhi kedustaan.
Sesungguhnya kedustaan itu akan mengantarkan kepada perbuatan dosa dan
sesungguhnya dosa itu akan mengantarkan kepada neraka. Jika seseorang
senantiasa berdusta dan selalu berusaha untuk berdusta, maka akan dicatat di
sisi Allah sebagai orang yang kadzdzaab (suka berdusta).”(Riwayat Bukhari (6094) dan Muslim (2607))
2. Amanah, berarti tidak mengurangi
atau menambah apa-apa yang tidak boleh dikurangi dan tidak boleh ditambah,
termasuk harga jual yang telah ditentukan kecuali atas pengetahuan pemilik
barang. Seorang yang
diberi amanah harus benar-benar menjaga dan memegang amanah tersebut.
إِنَّا عَرَضْنَا الأمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ
وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الإنْسَانُ
إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولا (٧٢)
Sesungguhnya Kami telah mengemukakan
amanah [1233] kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk
memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah
amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zhalim dan amat bodoh,
(Q.S. Al Ahzab (33): 72) [1233] Yang dimaksud dengan amanah di sini ialah
tugas-tugas keagamaan.
3. Fathanah:
cakap, cerdas artinya hal-hal yang berkenaan dengan aktivitas harus dicatat
atau dibukukan secara rapi agar tetap bisa menjaga amanah dan sifat shiddiqnya.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ
إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ وَلا
يَأْبَ كَاتِبٌ أَنْ يَكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللَّهُ فَلْيَكْتُبْ وَلْيُمْلِلِ الَّذِي
عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْئًا فَإِنْ
كَانَ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيهًا أَوْ ضَعِيفًا أَوْ لا يَسْتَطِيعُ أَنْ
يُمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهُ بِالْعَدْلِ وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ مِنْ
رِجَالِكُمْ فَإِنْ لَمْ يَكُونَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ
مِنَ الشُّهَدَاءِ أَنْ تَضِلَّ إِحْدَاهُمَا فَتُذَكِّرَ إِحْدَاهُمَا الأخْرَى …(٢٨٢)
Hai orang-orang yang beriman,
apabila kamu bermuamalah [179] tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan,
hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu
menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya
sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah
orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan
hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi
sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya
atau lemah (keadaannya) atau Dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka
hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. dan persaksikanlah dengan dua
orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua orang
lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi
yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya… (Q.S.
Al Baqarah (2): 282). [179] Bermuamalah ialah seperti berjual beli, hutang
piutang, atau sewa menyewa dan sebagainya.
4. Perniagaan, perkara penting dalam Islam, malah menjadi
satu yang sering disebut dalam al-Qur’an, misalnya:
إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ
وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ
(٢٩)
Sesungguhnya
orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan
menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan
diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak
akan merugi. (Q.S. Fathir
(35): 29).
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ
بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا
أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا (٢٩)
29. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan
harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku
dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu [287];
sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (Q.S. An Nisa (4): 29).
[287] Larangan
membunuh diri sendiri mencakup juga larangan membunuh orang lain, sebab
membunuh orang lain berarti membunuh diri sendiri, karena umat merupakan suatu
kesatuan.
Semoga ada manfaat.
Komentar
Posting Komentar