Islam: Hidayah dan Rahmat.


Islam adalah agama Allah yang di wahyu kan kepada para rasul sebagai hidayah dan rahmat Allah bagi umat manusia pada khususnya dan alam semesta pada umumnya, sepanjang masa yang menjamin kesejahteraan hidup material dan hidup spiritual dunia dan akhirat.
Muslim meyakini bahwa untuk mendapatkan hidayah dan rahmat Allah sudah pasti memerlukan kesungguhan untuk bekerja yang sungguh-sungguh berdasar iman dan amal soleh sesuai kemampuan yang dimiliki. Muslim yakin bahwa hidayah dan rahmat itu tidak mungkin dicapai tanpa usaha yang sunguh.

شَرَعَ لَكُمْ مِّنَ الدِّينِ مَا وَصّٰى بِهِۦ نُوحًا وَالَّذِىٓ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِۦٓ إِبْرٰهِيمَ وَمُوسٰى وَعِيسٰىٓ  ۖ  أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ  ۚ  كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ  ۚ  اللَّهُ يَجْتَبِىٓ إِلَيْهِ مَنْ يَشَآءُ وَيَهْدِىٓ إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ

Dia (Allah) telah mensyariatkan kepadamu aga ma yang telah diwasiat kan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiat kan kepada Ibrahim, Musa, dan 'Isa, yaitu tegakanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah-belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya ba gi orang yang kembali (kepada-Nya). (Q,S. Asy-Syura (42): 13)

Agama islam yakni agama yang di bawah oleh Muhammad Saw. nabi akhir zaman, ajaran Islam yang diturunkan Allah, yang tercantum dalam quran dan sunnah Nabi berupa: perintah-perintah, larangan larangan, dan petunjuk petunjuk untuk kebaikan hidup manusia di dunia dan di akhirat secara abadi, dan kekal.

Ajaran islam bersifat menyeluruh satu dengan yang lainnya tidak bisa dipisah pisahkan yang meliputi bidang-bidang: akidah, akhlak, ibadah, dan muamalah duniawiyah.
وَمَآ أَرْسَلْنٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِينَ
Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.
(Q.S. Al-Anbiya (21): 107).
قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
Rasulullah Saw. bersabda: "Islam dibangun dia tas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utu san Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadlan. HRB NO 7.

Semoga bermanfaat.

Komentar