DAKWAH BERMANFAAT

 
Muslim sebagai pengikut nabi Muhammad Saw. mesti senantiasa berdakwah sepanjang hayat sadarnya, sesuai kemampuan yang dia miliki, demi tercapainya risalah Muhammad Saw. yaitu rahmatan lil alamin.

Dalam berdakwah prioritas yang dila kukan tentu yang paling pertama dan utama adalah diri pribadi, yang biasa disebut (ibda' binafsika) mulai dari dirimu sendiri, keluarga secara khusus adalah suami, istri, anak, dan anak yang dimaksud adalah selama dari 0 bulan, 0 tahun  sampai mereka balik atau dewasa sudah dapat mandiri ba ru mereka kita lepaskan, selaku orang tua atau wali, sisa kita mengingatkan mereka, mereka  sudah punya tanggung jawab di hadapan Allah Swt. masya rakat umumnya kita betul-betul hanya mengingatkan, memberi contoh yang islami, yang membangkitkan semang at dan menyegarkan perasaan.
ادْعُ إِلٰى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ  ۖ  وَجٰدِلْهُمْ بِالَّتِى هِىَ أَحْسَنُ  ۚ  إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِۦ  ۖ  وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui sia pa yang mendapat petunjuk. (Q.S. An-Nahl (16): 125).

Pribadi, keluarga, dan masyarakat, pa da umumnya tentu semakin tinggi jaba tan semakin luas pula masyarakatnya yang harus dia jaga betul untuk sela mat, bahagia, dunia dan akhirat.
يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوٓا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
Wahai orang-orang yang beriman! Peli haralah dirimu dan keluargamu dari a pi neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malai kat-malaikat yang kasar, dan keras, ya ng tidak durhaka kepada Allah terha dap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At-Tahrim (66): 6).

Agama adalah nasihat, peringatan, yang sangat bermanfaat bagi muslim:
 عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْم الدَّارِي رَضِيَ اللهُ عَنْه
ُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ . قُلْنَا لِمَنْ ؟ قَالَ : لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ . [رواه البخاري ومسلم]
Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda: Agama adalah na sehat, kami berkata: Kepada siapa? Be liau bersabda: Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpin kaum muslimin dan rakyatnya. (Shahih Muslim no 55).

Komentar