MAKNA ISLAM 2


Islam adalah agama untuk menyerah kan diri semata-mata kepada Allah dalam rangka menjalankan syariat aga ma islam yang dicontohkan rasul-Nya Muhammad Saw. itu, (ibadah khusus seperti: salat, zakat, puasa di bulan ra madhan, haji bagi yang sanggup, penyelenggaraan jenazah, pembagian warisan, dan lain sebagainya).

Dalam penyerahan diri kepada Allah Swt.  dan mencontoh Rasul-Nya, di sinilah dua hal yang sangat mendasar diamalkan yakni ketaatan karena ada perintah atau larangan dari Allah dan mencontoh Rasul-Nya, jadi jelas bukan hal yang dibuat-buat oleh manusia itu sendiri, ini lah ibadah, dan yang di sert ai keikhlasan mengamalkan sesuatu karena adanya perintah atau larangan dari Allah, bukan karena sesuatu yang hanya bersumber dari sesama manusia, yang pada dasarnya ketaatan dan keikhlan adalah buah dari takwah kepa da Allah dan Rasul-Nya, dan inilah yang terbaik bagi manusia, muslim di dunia dan di akhirat serta terjauh dari siksa api neraka.

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِّمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ ۥ  لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرٰهِيمَ حَنِيفًا  ۗ  وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرٰهِيمَ خَلِيلًا

Dan siapakah yang lebih baik agama nya daripada orang yang dengan ikh las berserah diri kepada Allah, sedang dia men erjakan kebaikan, dan mengi kuti agama Ibrahim yang lurus? dan Al lah telah memilih Ibrahim menjadi ke sayan gan-(Nya). (Q.S. An-Nisa' (4): 125).

Islam agama para Nabi dan Rasul Al lah Swt. sampai kepada nabi Muhammad Saw. dan segenap pengikutnya hingga akhir zaman manusia. Manusia, muslim yang taat hingga akhir hayatnya dijamin masuk surga Allah Swt.

قُولُوٓا ءَامَنَّا بِاللَّهِ وَمَآ أُنْزِلَ إِلَيْنَا وَمَآ أُنْزِلَ إِلٰىٓ إِبْرٰهِـۧمَ وَإِسْمٰعِيلَ وَإِسْحٰقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَآ أُوتِىَ مُوسٰى وَعِيسٰى وَمَآ أُوتِىَ النَّبِيُّونَ مِنْ رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ ۥ  مُسْلِمُونَ

Katakanlah, kami beriman kepada Al lah, dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Is haq, Ya'qub dan anak cucunya, dan ke pa daapa yang diberikan kepada Musa dan 'Isa serta kepada apa yang diberi kan kepada nabi-nabi dari Tuhan mere ka. Kami tidak membeda-bedakan seo rangpun di antara mereka dan kami berserah diri kepada-Nya. (Q.S. Al-Baqarah (2): 136).

Semoga bermanfaat.

Komentar