PERNIKAHAN, ikatan lahir dan batin.


Pernikahan adalah terja dinya ikatan lahir dan batin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan, ikatan terse but diawali dengan kerelahan kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan, dan ada ijab dan qobul (cotoh: Muham mad bin Abdullah, saya nikahkan anak perempuan saya Mardiyah binti Muh ammad Said pada engkau dengan ma har 10 geram emas tunai, saya terima nikahnya Mardiyah binti Muhammad Said dengan mahar 10 geram emas tunai karena Allah) di saksikan oleh dua orang saksi laki-laki yang adil, dan laki-laki (suami) menyerahkan mahar, yaitu sesuatu yang punya nilai seperti sebuah cincin emas kepada pihak pe rempuan. Perni kahan tersebut adalah dicon tohkan oleh Rasulullah Muham mad Saw.

Ikatan hakiki kehidupan tersebut meru pakan karunia Allah yang sangat tinggi nilai makna kehidupan yang ada dida lamnya, seperti saling menghormati, mewarisi, memelihara, dan mencintai yang semuanya mengantarkan kebaha giaan dunia akhirat, dijauhkan dari sik sa api neraka.

رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْهِمْ فَقَالَ أَنْتُمْ الَّذِينَ قُلْتُمْ كَذَا وَكَذَا أَمَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي
Rasulullah Saw. kepada mereka sera ya bertanya: Kalian berkata begini dan begitu. Ada pun aku, demi Allah, ada lah orang yang paling takut kepada Allah di antara kalian, dan juga paling bertakwa. Aku berpuasa dan juga ber buka, aku shalat dan juga tidur serta menikahi wanita. Barang siapa yang benci sunnahku, maka bukanlah dari golonganku. (HRB no 4675).

يٰٓأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِى خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
Wahai manusia! Bertak walah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan ka mu dari diri yang satu (Adam), dan (Al lah) menciptakan pasangannya (Ha wa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-la ki dan perempuan yang banyak. Bertak walah kepada Allah yang dengan na ma-Nya kamu saling meminta dan (pe liharalah) hubungan kekeluargaan. Se sungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawa simu. (Q.S. An-Nisa' (4): 1).

Saling menghormati, menghargai, hal itu sangat penting dalam kehidupan, kapan dan di mana kita berada, hal itu sangat penting, hal itu harus kita tunai kan insya Allah hidup kita penuh ber kah dan rahmat, selamat dunia akhirat.

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا
Dan apabila kamu dihor mati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan ya ng lebih baik atau balaslah (penghor matan itu yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhi tungkan se gala sesuatu. (Q.S. An-Nisa' (4): 86).

Kasih sayang diantara kita adalah me rupakan perekat utama dalam kehidup an ini, mari kita jaga hal kasih sayang itu, agar tetap utuh dan sampai ajal menjemput.

وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Dan di antara tanda-tanda (kebesar an)-Nya ialah Dia menciptakan pasan gan-pasangan untukmu dari jenis mu sendiri, agar kamu cenderung dan me rasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang de mikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (Q.S. Ar-Rum (30): 21)

Semoga ada manfaat.

Komentar