Islam mengatur hubungan dengan Tuhan, dan Manusia.

Islam adalah agama yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, Al lah Swt. dan mengatur hubungan ma nusia dengan manusia pada khusus nya, dan alam pada umumnya.
Dengan istilah ibadah baik ibadah khu sus demikian ibadah umum semuanya dalam hal hubungan dengan  Allah dan seluruh ciptaannya.

Allah pasti akan menghinakan orang-orang (kufur), mereka hina di manapun mereka berada, kecuali jika mereka, (taubat), berpegang kepada perjanjian agama Allah dan perjanjian dengan manusia yang memberikan perlindung an kepada mereka dan harta mereka, itu adalah perjanjian atau perlindungan yang diberikan oleh pemerintah Islam kepada mereka.
Mereka kembali mendapatkan kemur kaan dari Allah dan mereka diliputi ke hinaan dan kerendahan, mereka dilipu ti ketakutan atas orang-orang, kecuali yang beriman, yang demikian itu kare na mereka kafir kepada Allah, mereka melampaui batas dan membunuh para Nabi dengan kezaliman.
Apa yang mereka peroleh disebabkan mereka durha ka dan melampaui ba tas.

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوٓا إِلَّا بِحَبْلٍ مِّنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَآءُو بِغَضَبٍ مِّنَ اللَّهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ  ۚ  ذٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِئَايٰتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ الْأَنۢبِيَآءَ بِغَيْرِ حَقٍّ  ۚ  ذٰلِكَ بِمَا عَصَوا وَّكَانُوا يَعْتَدُونَ

Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) diliputi kesengsaraan. Yang demikian itu karena mereka me ngingkari ayat-ayat Allah dan membu nuh para nabi, tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mere ka durhaka dan melampaui batas. (Q.S. Ali 'Imran (3): 112).

Allah pasti melaknat, meyiksa hamba-Nya yang berbuat kezaliman, melam paui batas.

   ... لَّعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظّٰلِمِينَ
... Laknat Allah bagi orang-orang zalim, (Q.S. Al-A'raf (7): 44).

الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا وَهُمْ بِالْأَاخِرَةِ كٰفِرُونَ
(yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (orang lain) dari jalan Allah dan ingin membelokkannya, mereka itulah yang mengingkari kehidupan akhirat. (Q.S. Al-A'raf (7): 45).

Kami tidak mengutus kamu, wahai Muhammad, kecuali sebagai rahmat bagi seluruh manusia, siapa yang beri man kepadamu, sebagai Rasul, nisca ya akan bahagia dan selamat dari api neraka, dan siapa yang tidak beriman niscaya akan merugi di dunia dan akhirat.

Alam pada umumnya juga akan men dapat rahmat dari syariah yang diba wakan Muhammad Saw. seperti: manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, tanah, dan air, semuanya men dapat rahmat dari Allah Swt.

وَمَآ أَرْسَلْنٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِينَ

Dan Kami tidak mengu tus Engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam. (Q.S. Al-Anbiya (21): 107).

Semoga bermanfaat.

Komentar