Muslim Memakmur Bumi


Muslim sangat yakin dirinya dijadikan Allah sebagai pemimpin, pemakmur, pengatur, pelestari bumi, atau tanah, dan apa saja yang ada di kandungnya, misalnya bahan tambang, dan
yang di atasnya,  misalnya: manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, pokonya manusia diberi tugas untuk mengaturnya, seba gai tugas khalifah.

Dengan amanah sebagai khalifah ma ka, sangat diperlukan ilmu pengetahu an, dari berbagai unsur kebutuhan, ma nusia yang sangat luas, jenis dan ma camnya,  sehingga menjadi mudah da lam mengelola alam semesta ini seba gai sumber kehidupan manusia dalam berbagai tingkatannya.

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى الْأَرْضِ خَلِيفَةً  ۖ  ...

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfir man kepa dapara malaikat, Aku hen dak menjadikan khalifah di bumi... (Q. S. Al-Baqarah (2): 30).

Dalam kehidupan sebagai khalifah di bumi Allah memberikan derajat atau tingkatan-tingkatan hidup sosial dan sekaligus sebagai bahan ujian bagi me reka, manusia apakah dia tetap berim an dan bertaqwa serta bersyukur kepa da Allah, atau dia sebagai hamba yang mendustakan nikmat Allah di muka bu mi, semuanya akan kembali kepada ya ng bersangkutan, di dunia dan yang pa sti di akhirat kelak dan abadi di sana secara sendiri-sendiri.

وَهُوَ الَّذِى جَعَلَكُمْ خَلٰٓئِفَ الْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتٰىكُمْ  ۗ  ...
Dan Dialah yang menja dikan kamu se bagai khalifah-khalifah di Bumi, dan Dia mengangkat (derajat) sebagian ka mu di atas yang lain, untuk menguji mu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepa damu... (Q.S. Al-An'am (6): 165).

Muhammad Saw. dan pengikutnya se lalu menjaga dan mengamalkan kasih sayang, persaudaraan di antara mere ka,  menjaga ikatan batin dan lahiran, dan mereka mempunyai sikap yang te gas dengan yang kafir, atau yang tidak seagama, walaupun sikap mereka sen antiasa membawa makna rahmatan lil alamin.
مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ  ۚ  وَالَّذِينَ مَعَهُ ۥ ٓ أَشِدَّآءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ  ۖ  تَرٰىهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوٰنًا  ۖ  ...
Muhammad adalah utu san Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya...  (Q.S. Al-Fath (48): 29).

Semoga bermanfaat.

Komentar